Senin, 14 Desember 2009

Polycarboxilate Superplasticizer

Concrete Admixture adalah salah satu bahan baku beton yang ditambahkan kedalam campuran beton sebelum atau selama pencampuran untuk mengubah sifat-sifat beton baik beton segar maupun beton yang telah mengeras untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau tujuan dari campuran beton.Dan juga untuk tujuan ekonomi yang dapat memungkinkan pengurangan semen ,terutama digunakan dalam industri beton siap pakai ( readymix concrete) dan juga beton pracetak ( precast ).
Generasi terbaru dalam teknologi admixture adalah polycarboxilate . Polycarboxilate atau polimer adalah admixture beton termasuk dalam kategori (UHRWR) Ultra High Range Water Reducing . Dapat mengurangi penggunaan air yang cukup besar hingga 40% jika dibandingkan dengan beton standard , juga dapat membuat beton mengalir dengan sendirinya tanpa menggunakan alat pemadat/vibrator. Karena pengurangan airnya sangat tinggi dengan water cement ratio 0,25 maka dapat digunakan untuk mendesain beton mutu tinggi bahkan untuk mutu 100 Mpa. Juga dapat digunakan untuk beton dalam air ,under water concrete,anti-washout , untuk beton semprot /shotcrete .Bagaimana hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya halangan steric juga berarti pemisahan partikel karena molekul polimer yang panjang.
Bisa berbentuk cair maupun powder , biasanya yang mensuplai dalam bentuk cair adalah perusahan kimia konstruksi yang sudah memodifikasi menjadi produk jadi yang sudah dipatentkan seperti Viscocrete ( Sika ), Glenium ( BASF ) , ADVA ( Grace ) , Structuro ( Fosroc ) dan masih banyak lagi dengan nama yang beraneka ragam. Spesific Gravity 1.02 – 1,07 ,tersedia dalam kemasan drum /200 ltr atau pail/20 ltr.
Sedangkan produk aslinya adalah dalam bentuk powder yang juga sudah banyak beredar di pasar dengan spesifikasi sebagai berikut :
Polycarboxylate Superplasticizer (Polycarboxylate High-range Water Reducer) ----Third generation of concrete admixtures, fine comprehensive performance and green environmental protective products. Modified polycarboxylate high range water reducer is powder which is made by spray drying process. Characteristics:It is especially suitable for high-performance powder construction material, used as dispersant. Its dispersiveness is good, water reducing rate is high and adaptability to various cements is fine. Fluidity of mixtures is excellent when used in concrete and mortar.Specification: Appearance: light grey powderWater content: 3% Max.Characteristics: Non-toxin, non-taste and non-inflammationUnit weight ( g./L ): 500-600PH value (20 deg. C., 20% solution): 6-8SO4 ion content: 2.6%Cl ion content: 0.01%Suggested mixed amount: 0.16-0.3% ( of the cementing material amount )Application:This product can be applied in the High strength concrete, High fluidity concrete, High duration concrete, Calcium aluminate refractory concrete, Low cement refractory concrete and Grouting materials, Steam curing concrete, High strength mortar, Gypsum product, Self-flowing ground, and Stuffing material etc.Packing: 20kgs/plastic sealed bag with liner.

3 komentar:

  1. saya seorang mahasiswa dr bogor dan saya tertarik dengan SCC, saya akan menjadidak SCC sbagai bahan untuk skripsi, dimana saya bs mendapatkan info, prosedur atau perbandingan pertitungan mix design untuk SCC, apakah sama seperti beton biasa??

    BalasHapus
  2. Sdr Ika Handoko , perhitungan mix design untuk beton SCC hampir sama dengan beton biasa hanya saja ada beberapa hal yg perlu diperhatikan antara lain faktor air semen (W/C) harus lebih kecil dari 0,4 , maksimum size aggregate 8mm dan juga S/A: 45-55% , dosis Viscocrete 10 min 1% dr berat semen dan pengukuran slump Flow ( Flow Spread Diameter): 65-75 cm. Untuk mendapatkan sample Viscocrete bisa menyurat langsung ke PT.Sika Indonesia

    BalasHapus
  3. saya ingin tau, bagaimana polycarboxilate bisa mengurangi air sampai 40%??apakah polycarboxilate bereaksi dengan seyawa tertentu dalam semen yang bisa menyebabkan pengurangan air tersebut, maupun slump loss yang katanya lebih rendah d banding SP jenis napthalene??trimakasih

    BalasHapus